Kali ini sebuah tips yang cukup menarik, yaitu kita akan mengetes program antivirus yang terinstall di komputer, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Tapi caranya cukup unik, yaitu kita akan membuat sebuah file yang berisi kode virus, sehingga saat dijalankan, seharusnya program antivirus bisa mendeteksinya dan menghapusnya. Tapi sobat sekalian tidak perlu takut, karena virus yang akan kita buat ini bukanlah sebuah virus beneran yang bisa mengganggu atau merusak komputer walaupun program antivirus anda tidak bisa mendeteksinya, tetapi hanya merupakan virus pengetes program antivirus. Kode file virus tester ini dikembangkan oleh mereka-mereka yang tergabung di dalam EICAR, yaitu singkatan dari European Institute for Computer Anti-Virus Research, yang beralamat di http://www.eicar.org/.

Berikut ini langkah-langkah membuat virus pengetes tersebut:

1. Langkah pertama, jalankan program Notepad. Virus pengetes ini dibuat cukup menggunakan Notepad.

2. Copy kode dibawah ini dan paste ke dalam Notepad tadi.

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

3. Simpan file tersebut dengan nama EICAR.COM

4. buka folder yang berisi file virus tester tadi, lalu klik-dobel file tersebut untuk menjalankannya. Jika fitur real time scan pada antivirus anda berjalan, maka seharusnya sudah bisa terdeteksi, yang ditandai dengan munculnya pesan bahwa ditemukan/dideteksi virus. Atau jika program AV anda tidak memiliki fitu real time scanner, maka jalankan program AV anda dan lakukan scan pada folder tadi.

ini contoh menggunakan program AVG Antivirus, bisa terdeteksi dengan munculnya pesan berikut ini:

Catatan: Sekali lagi, file yang kita buat ini bukanlah sebuah virus sungguhan, tapi hanya sebuah pengetes antivirus. Walaupun program AV sobat sekalian tidak bisa mendeteksinya, file ini tetap TIDAK AKAN merusak komputer.